PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMPN 2 LONG KALI ( KELASKU BERSIH, KELASKU INDAH, KELASKU SEHAT)

Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Projek penguatan profil pelajar Pancasila menjadi penting dilaksanakan dengan alokasi waktu khusus guna memberi kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

MPN 2 Longkali mengangkat tema Gaya Hidup Berkelanjutan, topik aksi menjaga Lingkungan melalui gerakan kebersihan kelas dengan judul Kelasku bersih, kelasku Indah, kelasku sehat.

Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan kegiatan bersih-bersih di dalam maupun diluar kelas serta melakukan kegiatan pemperindah ruangan dan lingkungan kelas yaitu dengan memanfaatkan sampah organik dan anorganik untuk keindahan dan keasrian.

Projek ini dibuat agar dapat membentuk peserta didik dengan karakter Pancasila dan ketahanan diri yang kuat sesuai dengan keseimbangan olah rasa, olah fikir, olahraga dan olah karsa yang telah dicetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara. selain itu, agar siswa mengerti dan menyadari pentingnya kesejahteraan dalam hidup mereka sehari-hari terutama kegiatan pembelajran disekolah.