MEMBANGUN PENDIDIKAN BERKUALITAS ADIL DAN MERATA
AGENDA DINAS TERBARU
NOBAR DAN SOSIALISASI MUSEUM DI KECAMATAN KUARO
Ditulis oleh : budaya - Bidang : Bidang Kebudayaan

30 September 2019 - 12:18:07 WIB

Tana Paser – Sebagai salah satu program kerja Bidang kebudayaan di Dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Paser, maka Hari Kamis, 26/09/2019 kemarin kembali mengadakan sosialisasi Museum Sadurengas yang di laksanakan di Kecamtan Kuaro yang di hadiri Camat Kuaro dan perwakilan siswa dari 21 sekolah terdiri dari SD,SLTP dan SLTA dan beberapa orang guru pendamping. Dari kegiatan tersebut Tim Sosialisasi yang terdiri dari Kabid Kebudayaan, Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman, Kasi Sejarah dan Tradisi beserta crew Edukasi Bioskop Keliling (Bioling) mensosialisasikan kepada siswa tentang keberadaan Museum Sadurengas yang menjadi kebanggaan Kabupaten Paser.

Surpiani, SE, sekalu Kepala Bidang Kebudayaaan dalam sambutannya mengatakan “ Kegiatan Sosialisasi ini sudah ke 3 kalinya di lakukan, mulai dari Tanah Grogot, Kec. Long Ikis dan di pilih kali ini di kecamatan Kuaro ,tidak semua kecamatan yang bisa kami datangi dan alhamdulillah Kecamatan Kuaro  mendapat kesempatan tersebut, maksud dan tujuan kami ingin memberikan edukasi kepada siswa agar mau berkunjung ke Museum sebagai wisata dan edukasi sejarah kebudayaan Paser. Silahkan bapak dan ibu pembimbing membawa siswa – siswinya berkunjung kemuseum dengan mengirimkan surat pemberitahuan kepada kami, wujud dari sosialisasi museum kami juga telah mengadakan Festival Lomba Seni Siswa  Nasional (FLS2N)  yang kami pusatkan di museum sadurengas dengan tujun agar para siswa juga dapat berkunjung dan melihat isi dan koleksi museum”. Perlu di ketahui di kabupaten Paser telah terdaftar 10 objek cagar budaya yang teregistasi nasional seperti Museum,Masjid Nurul Ibadah, Makam-makam Raja, Goa Tengkorak, Meriam dll.  Lanjut Kabid Kebudyaaan menerangkan baru saja dalam waktu dekat kemarin mengunjungi makam raja Paser ke 10 yaitu Sutlan Ibrahim Khaliluddin yang terletak di Cianjur, jadi dengan kegiatan ini juga kami sosialisasikan tidak semua Raja Paser yang makamnya ada di pemakaman raja-raja di Pasir Belengkong Kabupaten Paser, akan tetapi ada 2 raja paser yang makamnya di luar kabupaten paser seperti di Banjarmasin Kal-sel dan di Cianjur.

Dalam kegaiatan Sosialisasi Museum tersebut juga di hadiri oleh HM. Siddik Said, SH selaku Camat Kecamatan Kuaro dalam sambutannya “Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Dinas Pendidikan Dan Kebudyaan Kab. Paser untuk mengenalkan kembali kebudayaan kabupaten Paser yang mana kemungkinan sebagian dari anak-anak kita tidak paham dengan kebudayan paser dan agar bisa lebih memahami kembali budaya kita khususnya budaya Kabupaten Paser, dan kepada anak-anak kami sangat mengharapkan dari kegiatan ini  agar bisa merekam, mencermati dan dipahami dalam pikiran anak-anak sekalian sejarah kerajaan Sedurengas dan kebudayaan Kabupaten Paser dan dapat menceritakan kembali kepada teman,keluarga dan siapapun juga.”

Dari rangkaian tersebut Tim Edukasi juga memutar video tentang Profil Museum, Wisata Kabupaten Paser dan lain-lain dengan di tutup dengan Nonton Bareng Film Edukasi Kemendikbud yang berjudul 12 menit menuju kemenangan dan beberapa Kuis pertanyaan kepada siswa. (Bw)

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang Keberadaan Website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan?
Sangat Setuju
Setuju
Tidak Setuju

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 44734 kali