Sabtu, 19 Juni 2021, WIB
Breaking News

Minggu, 06 Jun 2021, 22:43:31 WIB, 26 View Bowo, Kategori : Pendidikan

Paser – Siapa sangka covid-19 akan berlangsung lama. Pawi, S.Pd, M.Pd tidak berdiam diri. Pawi bergerak untuk beradaptasi dengan situasi yang ada. Sebagai kepala sekolah, salah satu peran Pawi adalah supervisi akademik.

Memastikan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) berlangsung merupakan tanggung jawab Pawi. Selain itu, Pawi juga memastikan kualitas penyampaian pembelajaran di sekolahnya.

Meskipun pemerintah melalui Kemdikbud memberikan kelonggaran selama pandemi dengan kurikulum darurat, Pawi percaya bahwa kualitas pembelajaran tetap dapat dijaga.

Pawi percaya data dan fakta membantunya mengambil keputusan secara tepat. Pada awalnya, Pawi mengecek kesiapan infrastruktur sekolah, kemampuan guru dalam menyelenggarakan PJJ, dan kesiapan siswa selama pembelajaran daring dan luring.

Selain itu Pawi juga mencari media pembelajaran tepat yang sesuai dengan kondisi SMPN 6 Tanah Grogot. 5% dari total siswa SMPN 6 tidak bisa mengakses internet. Sehingga sekolah memperbolehkan siswa tersebut memakai lab sekolah.

SMPN 6 sendiri memilih Google Drive dalam bertukar dokumen pembelajaran antar guru dan siswa. Guru SMPN 6 juga mensosialisasikan pengelolaan dokumen tersebut karena  cadangan dokumen yang terbatas.

6% guru belum memahami teknologi. Sehingga Pawi menggerakkan tutor sebaya dimana guru-guru yang menerima pelatihan dari Tanoto Foundation dan pemerintah dapat mengajarkan penggunaakn google classroom, google form, zoom, google meet, dan quizziz.

Sedangkan untuk kualitas pembelajaran, Pawi sudah memastikan semua guru memahami pembelajaran aktif yang dikenalkan Tanoto Foundation. Guru SMPN 6 Tanah Grogot memahami cara menentukan keterkaitan KD pengetahuan dan keterampilan, perangkat pembelajaran sudah memenuhi kaidah penulisan RPP, telah menggunakan konsep Mengalami, Interaksi, Komunikasi, Refleksi (MIKiR), guru memahami cara menentukan matriks kesesuaian antara penilaian dimensip pengetahuan dan ranah kognitif versi bloom, kesesuaian antara dengan teknik penilaian dan penilaian autentik.

Dengan adanya supervisi akademik, sebagai pendidik, Pawi percaya harus tersu mengembangkan kemampuan dengan pembelajaran dan meningkatkan strategi dan metode pembelajaran sesuai dengan bakat dan minat.

Orang tua menjadi mitra utama dalam bekoordinasi dan memotivasisiswa untuk berpartisipasi penuh dalam PJJ. Dengan teknologi, Pawi merasa supervisi akademik secara efektif dan efisien di tengah masa pandemi covid-19. (Team Redaksi Disdikbud)



SUPERVISI AKADEMIK KUNCI PEMBELAJARAN AKTIF SELAMA PANDEMI
Minggu, 06 Jun 2021, 22:43:31 WIB, Dibaca : 26 Kali
PEMBEKALAN DAN PENYERAHAN SPMT PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK)
Rabu, 24 Feb 2021, 13:50:04 WIB, Dibaca : 374 Kali
PGRI CABANG KUARO GELAR KONFERENSI CABANG MASA BHAKTI 2021 - 2025
Kamis, 31 Des 2020, 09:58:39 WIB, Dibaca : 548 Kali

Tuliskan Komentar