Minggu, 20 September 2020, WIB
Breaking News

Senin, 03 Feb 2020, 19:43:59 WIB, 337 View Administrator, Kategori : Kebudayaan

Tana Paser - Bidang Kebudayaan Disdikbud Paser melakukan pendampingan Disdikbud Provinsi Kaltim dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) wilayah kerja Kalimantan guna pendataan ulang terhadap Objek Cagar Budaya Goa Tengkorak yang terletak di Desa Kasungai Kecamatan Batu Sopang Kabupaten Paser.

Ibu Yekti Utami, S.Sn.,M.Pd selaku Kepala Seksi Cagar Budaya & Permuseuman Disdikbud Provinsi Kaltim dalam wawancaranya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendaftarkan beberapa objek cagar budaya yang ada di Kabupaten Paser ke tingkat nasional. Sehingga kedepannya diharapkan dapat lebih mengenalkan ke masyarakat luas bahwa di Kabupaten Paser memiliki banyak potensi cagar budaya yang unik dan layak untuk dilestarikan serta diperkenalkan ke tingkat nasional.

Diwaktu yang sama, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Paser Ibu Surpiani, SE juga menambahkan bahwa kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan sikap Masyarakat Paser khususnya para wisatawan yang berkunjung untuk menjaga dan melestarikan cagar budaya dimaksud. Karena berdasarkan data pada tahun 2011 menunjukan bahwa jumlah tengkorak di dalam goa berjumlah 32 buah, sedangkan pada tahun 2019 jumlahnya berkurang menjadi hanya 24 buah saja. Fakta di lapangan juga menunjukan banyaknya botol-botol minuman keras di sekitar Goa Tengkorak serta putung rokok yang berserakan. Hal ini tentu sangat disayangkan oleh kita semua, karena apabila objek cagar budaya Goa Tengkorak Desa kasungai ini dipelihara dengan baik tentunya akan mendatangkan lebih banyak pengunjung serta menambah pemasukan desa itu sendiri.  16-11-2019 (wawan_bdy)



REGISTRASI NASIONAL CAGAR BUDAYA GOA TENGKORAK DESA KASUNGAI
Senin, 03 Feb 2020, 19:43:59 WIB, Dibaca : 337 Kali

Ada 1 Komentar
  • Zen, 01 Feb 2020, 03:58:16 WIB
    Mantaaap lanjutkan
Tuliskan Komentar