Sabtu, 19 Juni 2021, WIB
Breaking News

Rabu, 24 Feb 2021, 13:50:04 WIB, 373 View Bowo, Kategori : Pendidikan

Tana Paser – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Paser  (19/02) melakukan pembekalan dan Penyerahan Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT) kepada 18 Guru yang lulus seleksi PPPK dari 42 orang se kabupaten Paser.

Pembekalan ini di adakan di Lantai 3 Komplek Perkantoran Jl. Kesuma Bangsa Km.5 yang dihadiri oleh Kepala Dinas, Sekretaris, Kabid Ketenagaan dan Kasub.Bag. Umum Kepegawaian dan dihadiri 18 orang Guru PPPK.

Pembekalan ini dibuka dengan sambutan Kepala Disdikbud Murhariyanto, S.Sos dengan mengucapkan selamat kepada para guru yang sudah lolos mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) “Saya mengharapkan jika tugas di sekolah nanti selalu menjaga kekompakan dan kerja samanya denga pihak sekolah, dan juga dari penjelasan BKD bagi yang sudah menerima SK PPPK  setiap 5 tahun seleksi lagi jika lulus akan dilanjut dan jika tidak maka tidak dilanjutkan, kecuali guru tersbut mendaftar lagi menjadi guru pengajar pengganti (Jarti), dengan demikian saya berharap bapak dan ibu Guru yang lulus PPPK menjanga kinerjanya karena tiap tahun akan dinilai untuk melanjutkan atau tidak, sama lahnya dengan penilainnya PNS”.

“saya mengharapkan kepada bapak ibu tahu dan mengerti Tugas dan fungsi sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Semoga dengan adanya pembekalan ini yang nantinya diakhiri menyerahan SPTM bapak ibu bisa lebih menyimak dan mengeri sebagai orientasi pelaksanaan tugas serta jika ada yang tidak mengerti silahkan melakukan dialog dengan Kepala Bidang Ketenagaan Disdikbud” Tambah Drs. BURHANUDIN, M.M. selaku Sekretaris  Disdikbud.

Dari penjelasan Kabid Bidang Ketenagaan mengatakan sekelsi PPPK ini cukup sulit karena di seleksi langsung dari BKN secara langsung dan pengiriman dokumen dikirim secara online, dan kami sebagai Disdikbud Paser memberikan apresiasi kepada yang sudah lulus sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, ada bebrapa regulasi yang harus diperhatikan sebagai ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang ditugaskan di OPD Disdikbud yang bertugas sebagai guru yang di atur dalam Undang-Undang  ASN NOMOR 5 TAHUN 2014 serta UU 14 tahun 2005 Guru dan Dosen  dan di jabarkan secara lengkap lagi di dalam TP 19 Tahun 2017 tetang Perubahan PP 74 Tahun 2008 tentang Guru. “ada catatan pening bagi bapak dan ibu sebagai PPPK yang berstatus sebagai guru adalah mempertatikan, Melaksanakn mengemplementasikan hal yang mendasar  yaitu 4 Kompetensi dasar yang melekat pada seorang guru” ujar Hj. ERNI SUSANTI, SE, M.Si

Berikut 4 kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru profesional:

 

1. Profesional
Kompetensi profesional adalah kemampuan seorang guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Kemampuan mengelola pembelajaran didukung oleh pengelolaan kelas, penguasaan materi belajar, strategi mengajar dan penggunaan media belajar.

 

2. Pedagogik
Kompetensi pedagogik berkaitan erat dengan kemampuan guru dalam memahami proses pembelajaran. Pembelajaran yang berlangsung di ruang kelas bersifat dinamis. Ini dapat terjadi karena komunikasi atau interaksi timbal balik antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Keberagaman siswa didalam kelas juga akan memerlukan keterampilan seorang guru dalam mendisain program pembelajaran.

3. Sosial
Kompetensi sosial adalah kemampuan guru sebagai pendidik untuk berkomunikasi dan berinteraksi yang baik dengan warga sekolah maupun warga dimana guru berada. Kemampuan sosial ini dapat dilihat melalui pergaulan sosial guru dengan siswa, rekan sesama guru maupun dengan masyarakat dimana ia berada.

4. Kepribadian
Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, seorang guru harus menunjukkan sikap dan kepribadian yang baik. Guru yang patut ditiru merupakan filosofi yang menunjukkan kemampuan kepribadian. Ditiru karena guru diyakini mempunyai ilmu yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup siswanya. Seorang guru ditiru karena pada diri guru terdapat sikap dan pribadi yang baik.

Selanjutnya Kabid Bidang Ketenagaan juga menekankan tentang meyususn Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan pemeperhatikan Disiplin bagi ASN termasuk PPPK yang diataur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 yang ditetapkan tanggal 6 Juni 2010.

Diakhir Pembekalan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ini diadakan dialog yang membahas masalah gaji dan tunjangan serta kelanjutan jika masa Perjanjian kerja berakhir dan akan di perpanjang yang di harapkan oleh para Guru PPPK ini mempunyai kebijakan untuk perpanjangan SK selanjutnya setelah 5 tahun oleh pemerintah dimasa yang akan mendatang. (Bw_Dikbud)



SUPERVISI AKADEMIK KUNCI PEMBELAJARAN AKTIF SELAMA PANDEMI
Minggu, 06 Jun 2021, 22:43:31 WIB, Dibaca : 26 Kali
PEMBEKALAN DAN PENYERAHAN SPMT PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK)
Rabu, 24 Feb 2021, 13:50:04 WIB, Dibaca : 373 Kali
PGRI CABANG KUARO GELAR KONFERENSI CABANG MASA BHAKTI 2021 - 2025
Kamis, 31 Des 2020, 09:58:39 WIB, Dibaca : 547 Kali

Tuliskan Komentar