Selasa, 28 September 2021, WIB
Breaking News

Sabtu, 15 Mei 2021, 05:35:37 WIB, 836 View Bowo, Kategori : Pendidikan

Tanah Grogot – Dende Bida Asmarawati, S.Pd.SD, fasilitator daerah Tanoto Foundation mengajarkan siswa tentang pubertas pertama kalinya melalui daring. Tentu ini merupakan tantangan bagi Dende karena topik pembelajarannya merupakan topik yang sangat sensitif.

Dende menyisiasati dengan mengajak orang tua untuk mendampingi anaknya. Pertama-tama, Dende mengajak siswa untuk mencari koran Tribun Cetak di rumahnya. Dende meminta menyusun perkembangan manusia dengan potongan-potongan gambar yang ditemukan di koran Tribun Cetak.

Muhammad Aufan Gaffan menyusun potongan gambar sesuai dengan umurnya, gambar pertama anak bayi berusia 8 bulan, kemudian anak kecil berusia 7 tahun, dan hingga paling dewasa diibaratkan umur bapak Aufan. Aufan dan teman-teman mempresentasikan di grup kelas melalui Google Classroom dalam bentuk video, gambar, dan tulisan.

Interaksi dan komunikasi tetap terjalin walaupun pembelajaran diadakan daring. Salah satu teman Aufan tidak setuju Aufan menggambarkan usia anak tersebut usia 8 bulan, karena adiknya sebesar itu sudah usia 1 tahun. Dende menjaga diskusi tetap hidup dan mengarahkan diskusi untuk membahas pertumbuhan manusia.

Setelah diskusi, Dende melakukan penguatan dengan memberikan pemahaman bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan sesuai perkembangan. Masa pubertas dialami setelah masa anak-anak. Dende mengajak siswa refleksi. "Belajar hari ini menyenangkan dan malu," ungkap Dian.

Kemasan pembelajaran ini masih berlanjut pada 2 pertemuan berikutnya dengan detail. Pertemuan kedua akan membahas pubertas lebih rinci dengan membahas ciri khas biologis pertemuan pubertas, sedangkan di pertemuan terakhir membuat poster yang menarik pada masa pubertas. (Dende_Tanoto Foundation)



SUPERVISI AKADEMIK KUNCI PEMBELAJARAN AKTIF SELAMA PANDEMI
Minggu, 06 Jun 2021, 22:43:31 WIB, Dibaca : 201 Kali
MEMBUKTIKAN KEBENARAN TEOREMA PYTHAGORAS DARI BERMAIN POTONGAN PUZZLE
Sabtu, 15 Mei 2021, 05:43:55 WIB, Dibaca : 560 Kali
MEMBEKALI SISWA MENGENALI DIRI SENDIRI
Sabtu, 15 Mei 2021, 05:35:37 WIB, Dibaca : 836 Kali

Tuliskan Komentar